Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket">

Thursday, March 01, 2007

Tempe Katsu

Hari Selasa kemaren sepulang kerja bunda ke dapur, ternyata nenek (ibunya bunda) lagi goreng bakwan jagung (nenek rajin banget deh, katanya iseng ga' ada gorengan). Nah setelah selesai dengan bakwan jagung, terus nenek goreng tempe. Tempe itukan yang enak dimakan pas lagi hangat, sementara para anggota keluarga belum pada pulang, kalo udah dingin udah kurang nikmat lagi, jadi sayang dong nanti bersisa sampai besok paginya. Kemudian bunda usul ke blio, gimana kalo tempenya dibuat variasi lain, biar nanti dimakan & habis. Ya sud, nenek menyerahkannya ke bunda, bunda mikir-mikir kira-kira diapain ya yang enak (sebenarnya sih tempe diapain aja juga tetap enak, secara bunda suka tempe gitu loh, eee.. nurun ke vasya, dia suka tempe juga), kalo tempe dibalut tepung itumah sudah biasa, hmmm terus bunda liat di lemari tempat nyimpan makanan ada tepung bumbu & tepung roti (panir).

Yup..., dilihat dari bahan-bahan ke'nya lebih cocok bikin tempe katsu (biasanya kan chicken katsu, berhubung ini dari tempe, jadi tempe katsu hi..hi..hi..). Untung aja tempenya baru tiga potong yang digoreng sama nenek.

Ok deh kita mulai yuuk...

Bahan-bahan



Cara Memasak
  1. Sebelumnya tempe direndam dulu dengan air garam, agar mudah dihaluskan.
  2. Kemudian tempe dihaluskan dengan menggunakan sendok atau lebih mudah dengan tangan, asal cuci tangan dulu kale (ya iyalah biar higienis gitu loh).
  3. Setelah dihaluskan, dicampur dengan tepung bumbu yang sudah siberi air, kenapa diberi air, karena eh karena untuk mempermudah dalam menyatukan si tepung bumbu dengan tempe.
  4. Setelah terbentuk menjadi adonan, lalu dibentuk pipih dengan tangan.
  5. Terus dibalurkan ke tepung panir (ohya sebelum dibalur ke tepung panir, bisa juga ke putih telur terlebih dahulu, tapi waktu bunda bikin ini sih nggak, soale adonannya agak basah, so langsung aja ke tepung panir).
  6. Goreng dalam minyak yang panas hingga kecoklatan.
  7. Kemudian angkat dan sajikan dengan sambal tomat, hmmmm yummy bow, gampangkan cara bikinnya.

Photobucket - Video and Image Hosting
Langsung ludes (bukannya hiperbol lho, bener deh), vasya suka banget.
HIDUP TEMPE

|