Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket">

Wednesday, May 16, 2007

Wiken kemaren dapet pe er dari Bunda Key sang juragan jilbab, maaf ya say, baru dikerjain sekarang, hi..hi.. dasar males.

Tips memiliki anak supercerdas (menurut narasumber- dikutip dari Nova- Edisi??)
Menurut pertemuan para ahli, orang tua yang memiliki anak-anak supercerdas berkata :

1. Saya Senantiasa menjawab semua pertanyaan anak saya dengan sesabar dan sejujur mungkin

Kalau saat ini sih dia justru yang menebak, ke' gini nih

Vasya: Bunda itu pohon, bajaj, pesyawat, bas wei.... (kata-kata yang sering dia denger, baik dari ucapan sehari-hari maupun dari tv)

Bunda: Iya... pinter... good

Vasya: Yess... hore....plok...plok...(maksudna sambil tepuk tangan)

2. Saya bersikap toleran menghadapi kamar yang berantakan, jika ia belum menyelesaikan pekerjaannya
Vasya sih ga' punya kamar sendiri, kalo tidur masih gabung sama Aybun, nah kalo tempat mainnya tuh di ruang keluarga, di sana bebas deh berantakin mainannya, setiap habis main ga' pernah dirapiin, tapi bunda selalu mengingatkan sambil ngasih contoh ke dia, gini lho cara merapikan kembali mainan vasya, semoga saja dengan demikian dia bisa mengerti.

3. Saya mencintai dia bukan untuk keberhasilannya, tetapi karena dia adalah dia

Yup, namanya juga anak sendiri..., segala sesuatu yang ada pada dirinya itulah yang bunda cintai, sayangi, dan terima apa adanya kelebihan maupun kekurangannya. Contohnya aja gini, dari baby sampe sekarang tuh vasya mungil badannya, tapi alhamdulillah jarang sakit, licah dan aktif, sodara & tetangga banyak bilang, vasya imut bgt, bunda sih masa bodo toh gw gitu loh yang lebih tau anak gw sendiri hi..hi... .

4. Saya memberikan dia tanggungjawab yang bisa dikerjakannya
Disaat dia minta makan (terkadang cuma buat dimainin), bunda bilang gini, makannya harus habis ya, kan vasya yang minta, bener ya mau makan?

Vasya: iya makan mau...

Akhirnya cuma buat dimainin.. hua......(nangis sambil gulingan di lantai...hiperbol deh eikeh)

5. Saya menolong dia, agar dia dapat mengambil keputusan dan rencananya sendiri
Bunda: vasya mau jeruk atau pear (bunda kalo ngasih pilihan tuh dengan yang setipe, seperti yang baru disebutkan, roti dengan brownis, jangan menawarkan buah dengan es krim, karena dia pasti akan memilih es krim, atau malah ngasih pilihan makan or susu, sudah dapat dipastikan dia akan memilih susu.

6. Saya bawa dia ke tempat-tempat yang menarik
Sepert taman, karena areanya luas, so dia bisa bebas lari-larian, terus ada kupu-kupunya, dia suka banget sama kupu-kupu.

7. Saya ajarkan dia bagaimana caranya memperbaiki hal yang tidak dapat dikerjakannya.
Vasya: bunda makan mau (ngomongnya terkadang suka dibalik), ambi piing, ambi sendok
Bunda: ok deh, sini bunda suapin
Vasya: sini apin (maksudna dia yang nyuapin sendiri)
Bunda: ya udah nih sendoknya

Vasya nyapin sendiri tapi makanannya sedikit banget yang kebawa, terus bunda bantuin buat nyendokin and sekalian ngajarin dia buat makan sendiri

Bunda: Nnaaaaaah gitu, pinter..good boy

Vasya: Hore....plok..plok...

9. Saya bacakan secara teratur buku atau majalah
Kalo membacakan buku or majalah sih ga' teratur, maksudna ga' rutin setiap mo' tidur gitu, paling kalo ada waktu dan dia lagi anteng, bunda bacain deh buku cerita yang ada binatangnya, tapi dia ga' betah tuh berlama-lama dengerein bunda bacain cerita, ampyuuun deh vasya..vasya... .

10. Sejak dini saya latih dia membaca
Bunda dapet email dari seorang teman baik mengenai cara mengajar bayi membaca dengan metode Gleenn Doman, sebenarnya kalo rajin dan rutin diterapkan kemungkinansi anak dapat membaca sejak batita, tapi karena faktor waktu juga & bundanya aja yang rada males, so hanya baru beberapa tahap aja deh yang diprktekin.

Bunda: (menujukkan ke vasya kata "ayah" dalam bentuk kertas HVS dengan hurup kecil dan warna merah), vasya ini dibaca "ayah", terus bunda ulangi lagi, kemudian baru deh bunda tanya ke dia, ini apa bacanya sya?

Vasya: ayah

Bunda: good, terus beralih ke tulisan "bunda", seperti cara yang di atas, tapi bunda tidak secara rutin sih jadi dia lupa sekarang,
paling berhitung yang udah lumayan bisa walopun masih ngaco. Jadi menurut Glenn Doman mengajarkan anak membaca tuh justru dimulai dari kata-kata atau objek yang berada disekeliling dia dan menggunakan huruf kecil.

Bunda: vasya gundunya ada berapa tuh?
Vasya: satu dua tiga mpat ima...

11. Saya tidak pernah membandingkan dia secara buruk dengan orang lain
Paling bunda membandingkan tuuh untuk ngasih semangat ke dia, misalnya, tuh liat dafa aja berani , masa vasya takut kan vasya anak pinterrr, hebat...

12. Saya berikan dia kesempatan ikut menentukan acara liburan
Bunda: Vasya mau berenang sayang?
Vasya: Mau, beenang mau, bawa ban
Bunda: Iya dong
Vasya: asyiiik yess...
Bunda: Yuuk

13. Saya tidak pernah mempermalukan atau meledek dia untuk kesalahannya
Kalo si Hitam (kucing) lagi mampir di rumah, vasya suka nendang, nginjak, & narik ekornya

Bunda: Vasya kasian tuh kucingnya sakit diinjak

Vasya: sakit kucingnya bunda? (masih sambil nginjak tuh kucing)

Bunda: Iya, kalo kucingnya kesakitan, vasya nanti dicakar (sambil ngawasin dan membiarkan dia toh nanti kalo dicakar akan kapok)

Karena si kucing kesakitan akhirnya dia nyakar kaki vasya, dia kaget terus ke' mo' nangis gitu, ngambek deh, kalo ngambek badannya dijatuhin ke lantai (tiduran gitu deh).

Bunda: Tuuu.. kan, tadi udah bunda bilang, gimana sakitkan dicakar, begitu juga kucingnya tadi waktu vasya injak, udah jangan nangis sini sayang, vasya kan pinta dan shaleh(sambil bunda peluk).

Vasya: apin ya bunda apin (maafin ya bunda)

Bunda: aih terharu deh eikeh kalo dia dah bilang gitu

Bunda pikir dengan begitu dia akan kapok, eee... ga' taunya diulangi lagi, bawaannya tuh kalo liat kucing geregetan aja, vasya..vasya... .

14. Saya biarkan dia bermain dengan berbagai tipe orang tanpa memandang latar belakang ras-nya
Bunda tidak membatasi vasya untuk bermain dengan siapapun, asalkan mereka tidak memberikan pengaruh yang jelek.

Akhirnya selese deh nih pe er, silahkan dinilai ya say...., pasrah deh eikeh. Ohya nih pe er bunda lempar ke Ochie & Isye ibunya Kayla yang mo' mudik ke Cirebon hee..he.. mo' mudik malah dikasih kerjaan.

|