Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket">

Tuesday, October 10, 2006

Hebatnya Hikmah Kesehatan dibalik Shalat

MySpace


Shalat dalam Perspektif Kesehatan

Shalat bagi kesehatan adalah sebuah sistem pertahanan adiyasa dan juga merupakan pakaian orang yang beriman. Dapat dilihat di surat dan ayat dalam Al-quran yaitu (8:24), (6:5), (17:32), (7:31), (24:32), (5:90), (57:27), (24:30-31).

Sejak waktu subuh sampai dengan ashar, manusia didominasi oleh pekerjaan yang berhubungan dengan sistem syaraf otonom sehingga merangsang jantung dan pembuluh darah beserta otot polos lainnya. Atau dalam bahasa kedokterannya disebut sistem kerja adrenergik. Sementara malam hari merupakan sistem kerja kolionergik.

Pencernaan makanan diistirahatkan dengan mengurangi segala getah cerna mulai dari mulut sampai usus. Mengapa ketika shalat berjamaah zuhur dan ashar bacaan shalatnya tidak dikeraskan? Karena dengan mengeraskan suara pada shalat akan memubadzirkan getah cerna yang memang sedikit. Sementara masa istirahat tubuh adalah waktu pencernaan, yakni malam hari dan pada saat itu semua getah dikeluarkan maksimal. Hal ini yang mungkin menyebabkan kenapa pada shalat maghrib sampai subuh bacaan shalat dikeraskan. Wallahua’lam.

Rincian Wudhu
Penyucian tubuh sebelum shalat (wudhu) adalah peremajaan kulit dan selaput lendir, gugus depan sistem pertahanan tubuh yang fungsinya untuk membawa contoh benda asing kepada limfosit T dan limfosit B dari sistem getah bening. Limfosit T dan B adalah mesin perang yang mampu memprogram penghancuran agresor yang sering menyebabkan penyakit kanker.

1. Membasuh kedua tangan, berguna untuk :

  • Mencegah infeksi terutama paronichia atau infeksi kuku karena berlebihan pada saat memotong kuku
  • Merupakan kompres dingin seperti layaknya yang digunakan untuk mengurangi nyeri pada luka bakar atau infeksi

2. Berkumur, berguna untuk menghindari penyakit pada gigi dan selaput lendir mulut

3. Membasuh hidung berguna untuk :

  • Istinsyaq (menghirup air ke dalam rongga hidung) sama dengan membersihkan hidung dari cemaran udara
  • Penangkal utama infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), TBC, dan infeksi hidung dan tenggorokan
  • Mengenal kanker nasofaring (rongga hidung sampai dengan tenggorokan)

4. Membasuh wajah merupakan pencegahan penyakit luar

5. Membasuh kedua kaki berguna untuk

  • Menghindarkan infeksi oleh kuman dan jamur
  • Menghindarkan melanoma (kanker kulit terganas) di telapak kaki

Rincian shalat
Shalat di atas tanah merupakan olahraga yang serius.

1. Berdiri dengan tenang merupakan sebuah persiapan yang matang karena ketenangan adalah penangkal kecelakaan.

2. Takbir dan meregangkan jari merupakan awal proses gabungan yang disertai oleh semua sistem tubuh seperti pertahanan, pernafasan, perncernaan, dll. Pengaliran getah bening tangan ke arah leher karena tidak mampu bergerak sendiri. Alirannya dilakoni oleh 2 hal yaitu regangan otot yang memompanya dan peninggian anggota tubuh yang mengalir ke bawah. Getah bening gunanya untuk menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di darah.

3. Berdiri lurus merupakan pelurusan tulang belakang, latihan pernafasan, pencernaan dan tulang. Kelurusan tulang belakang mempengaruhi semua alat tubuh (leher, dada, perut, pinggul, paru dan usus).

4. Takbir merupakan latihan pernafasan, di mana saat mengangkat lengan dan meregangkannya merupakan gerak abductor yang dapat meregangkan otot bahu sehingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar dan otot yang kuat meringankan pekerjaan tulang belakang.

5. Tangan kanan menggenggam atau menimpa tangan kiri, dapat melancarkan jalur padat pada pompa otot telapak tangan

6. Rukuk berguna untuk :

  • Pengalihan pompa ke lengan atas, bahu dan ketiak. Aliran di leher akan diperlancar oleh sejajarnya letak bahu dan leher. Pompa tungkai atas, perut dan dada mulai mengalirkan getah bening ke leher. Aliran akan lebih lancar jika rukuk benar (meletakkan perut dan dada lebih tinggi dari leher)
  • Mengempiskan pernafasan, terjadi karena pengurangan tekanan mengurangi pleura akibat pengecilan rongga dada karena pelurusan tulang belakang dan penyempitan iga
  • Meregangkan tulang belakang
  • Latihan kemih untuk pencegahan keluhan prostat

7. Sujud berguna untuk :

  • Mengalirkan getah bening dari tungkai perut dan dada ke leher karena mereka lebih tinggi
  • Meletakkan tangan sejajar bahu atau telinga dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah wasir
  • Menekan kepala dan mengangkat siku merupakan peregangan maksimal otot punggung dan bahu sehingga mengurangi beban tulang belakang
  • Sujud yang cepat kurang bermanfaat karena getah bening tidak mengalir

8. Duduk tuma’ninah, duduk di antara dua sujud dan duduk tasyahud yang berbeda ragamnya. Duduk yang beragam melukiskan kesempurnaan pemusatan getah bening bagian bawah dada untuk dipompa sewaktu sujud ke leher. Variasi duduk menyebabkan kurang adanya otot tungkai yang kurang meregang. Duduk akhir merupakan pemusatan getah bening di sebelah kiri karena peregangan utama terjadi di sana.

9. Salam yang dimulai dari kanan lalu kiri. Pada saat salam, kedua otot leher meregang bergantian, dimulai dari kiri yang padat dan diakhiri oleh kanan. Hal ini merupakan pemusatan getah bening seluruh tubuh ke jantung. Bertambah lama salam akan bertambah dahsyat karena otot yang menggerakkannya bertambah kuat

Shalat berdiri merupakan cara terbaik karena merupakan gabungan gerakan isometris dan isotonis, sedangkan berbaring hanya mencakup gerakan isotonis saja. Namun ada kalanya shalat berbaring sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang sakit atau usia lanjut. Karena dengan berbaring, dapat menghindarkan tubuh dari gerak sana-sini yang mungkin dapat memperparah penyakit tersebut.
Kalau pada masyarakat tionghoa, prinsip gerakan tai chi mirip dengan esensi dari shalat secara harfiah.

Subhanallah, ternyata jika ditinjau dari segi kesehatan dan kedokteran, shalat benar-benar sebuah keindahan dari Yang Maha Sempurna. Mampu mencegah manusia dari perbuatan munkar, bahkan mencegah manusia dari berbagai jenis penyakit. Jika shalat dilaksanakan dengan benar dan teratur, apalagi ditambah dengan shalat sunnat maka tubuh manusia akan selalu sehat dan kuat. Maha suci Allah yang telah menurunkan kesempurnaan Islam.

NB : Mari kita perbaiki lagi shalat kita dan kita maknai setiap gerakannya, sehingga apa yang dikatakan di dalam al-quran bahwa shalat adalah pencegah yang munkar dapat kita terapkan dalam kehidupan kita. InsyaAllah.

Created by : hanan2jahid. 200606. Dhuha time.


MySpace


|